Tangan Kecil Untuk Astini

IMG_20180218_181517

Saya masuk kelas pasca sarjana di kelas Denpasar. Saya lihat beberapa wajah baru dan lama. Yang lama biasanya mahasiswa S1 yang sebelumnya pernah saya ajar. Yang baru, adalah mereka yang bukan lulusan yang pernah saya ajar. Diantaranya, saya melihat Astini. Ia murah senyum, suka banget bicara dengan bahasa Inggris.

Setelah setahun lebih saya bertemu awal, saya bertemu lagi dengannya. Kali ini, saya menjadi pembimbing tesis Astini. Bukan kebetulan, karena topiknya tentang E-Learning. Ada banyak cerita di proses pembimbingan ini. Namun, satu hal yang saya kagumi adalah kegigihannya. Ketika saya sampaikan bahwa apa yang dilakukan sudah cukup untuk level S2, Astini masih tetap ingin eksplorasi beberapa hal yang memang masih berhubungan, namun tak harus dilakukan untuk kajian level studinya. Artinya, ia bisa saja sudah selesai namun memilih belajar untuk lebih paham, bukan hanya sekedar lulus. Dalam penelitian saya, yang seperti ini memiliki pendekatan belajar ‘mendalam’ (deep approach of learning).

Belajar tentu memerlukan proses. Kadang bisa dilewati mudah, kadang penuh tantangan. Ketika ada tawaran presentasi di CamTESOL 2018 di Cambodia, saya tawarkan tantangan lanjutan ke Astini. Saya senang ia mau belajar lebih lanjut. Sekali lagi, tidak berhenti ketika sudah lulus kemudian tidak ‘go beyond’ dan memberi ‘values’ pada pencapaiannya. Saya membawa 4 tim lainnya ke konferensi Internasional ini; Pak Arya Sudira, guru di SMAN 1 Singaraja, Ratih dan Risal, mahasiswa S1, dan Astini tamatan pasca sarjana. Dengan topik berbeda, saya memang harus meluangkan banyak waktu dan pemikiran untuk ini. Tak masalah, sepanjang ide-ide terbarukan bisa dijawab melalui proses ilmiah – bukan asumsi belaka. Meski hanya dua yang bisa datang, semua ini adalah berkat kerja keras semuanya.

Saya kemudian melihat Astini presentasi dan terlibat sedikit saja didalamnya. Saya percaya, tangan kecil ini akan membantunya tumbuh menjadi pribadi yang diperlukan negeri ini. “Mari gapai langit, selalu mengakar ke bumi”
Phnom Penh, February 2018

@mhsantosa

Circle me @ +Made Hery Santosa

©mhsantosa (2018)
I am happy to share this. Please feel free to reblog or share the link, all with my accreditation. Thank you.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: