Talk: Pengembangan Karir, Inovasi, dan Budaya Belajar

Saya berkesempatan berbagi dengan ratusan adik-adik yang memasuki jenjang Sekolah Menengah untuk pertama kalinya. Di hari yang sama, saya harus mengikuti berbagai kegiatan. Pagi harinya, saya mengikuti sosialisasi Editor Jurnal (karena kebetulan menjadi Editor in Chief) di salah satu jurnal lembaga, namun karena ada berbagai agenda, saya menuju SMAN 1 Singaraja (Smansa) untuk berbagi mengenai Pengembangan Karir. Smansa ini adalah almamater saya, 20 tahun lalu. Sudah beberapa kali sejak kembali ke Indonesia, saya diundang untuk berbicara, berbagi dengan adik-adik, atau memberi beasiswa melalui program beasiswa alumni angkatan saya. Selalu ada semangat yang sama, ketika saya menjejak kaki pertama kali di sekolah paling tua di ibukota Sunda Kecil (ketika itu).

1112

Setelah selesai, saya langsung meluncur ke Bali Mandara. Diperlukan waktu sekitar 30 – 45 menit menuju sekolah ini karena lokasinya di timur kota. Saya sendiri sudah cukup sering ke sekolah ini, berbagi dengan adik-adik maupun guru-gurunya yang semangat belajar. Sayapun banyak belajar dari mereka dan sekolah ini. Di Bali Mandara, saya berbagi mengenai Inovasi Budaya Belajar ke gabungan adik-adik SMA dan SMK Bali Mandara. Selalu bahagia melihat binar bahagia dan keinginan belajar kuat dari mereka. Meski perjalanan masih panjang dan manusia bisa berubah karena perjalanan dan pengalaman hidupnya, saya berharap adik-adik, dimana saja, bisa tumbuh tidak hanya pintar namun lebih dari semua itu, memiliki karakter yang baik. Kepintaran tidak akan berarti apa-apa, jika tidak ditunjang oleh karakter kebaikan. Semoga apa yang saya sampaikan bisa selalu bermanfaat, pada masa tumbuh mereka masing-masing.

@mhsantosa

Circle me @ +Made Hery Santosa

©mhsantosa (2017)
I am happy to share this. Please feel free to reblog or share the link, all with my accreditation. Thank you.

Advertisements
Comments
One Response to “Talk: Pengembangan Karir, Inovasi, dan Budaya Belajar”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] beberapa kali diminta berbagi dalam hal-hal pengembangan diri, seperti beasiswa luar negeri dan pengembangan karir. Sebagai alumnus sekolah yang sudah besar sejak jaman Belanda, saya bersyukur masih bisa melakukan […]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: