Cerita #BIPA 2: Konsep Keluarga

Weasley Fam TreeHalo tweeps, saya ingin berbagi kisah #BIPA hari ini. Topiknya “Konsep Keluarga.” Kalau berkenan, silahkan dipantau ya🙂

  1. Mengajar konsep “Keluarga” di kelas #BIPA harus jelas sekaligus kreatif
  2. Bagi penutur asing, utamanya Inggris, mereka bisa jadi bingung dengan istilah-istilah kekerabatan bahasa Indo #BIPA
  3. Misal, kalau di bahasa Inggris ada ‘son dan daughter’ untuk kata anak, di bahasa Indo hampir semua ‘netral’ #BIPA
  4. Contoh lain adalah ‘brother dan sister’ untuk saudara #BIPA
  5. Tapi ada juga pengecualian, seperti kata ayah, ibu, paman, bibi, kakek, nenek #BIPA
  6. Biasanya, pembeda gender dlm bhs Indo dengan menambahkan kata laki-laki atau perempuan #BIPA
  7. Atau dengan menunjuk langsung siapa yang dimaksud #BIPA
  8. Contoh, “Ini anak saya Bagus. Dia berumur 10 tahun” #BIPA
  9. Tanpa melihat langsung atau keterangan tambahan, kita tidak akan bisa tahu gendernya #BIPA
  10. Hal yang sama berlaku pada kata saudara, apakah laki atau perempuan #BIPA
  11. Selain itu, ada aturan lain yang harus dipahami dalam konsep keluarga ini #BIPA
  12. Untuk hubungan kepunyaan, susunannya adalah ‘yang dimiliki’ + ‘pemilik’ #BIPA
  13. Misal, ‘ayah saya’ (my father), atau ‘ibu Ali’ (Ali’s mother) #BIPA
  14. Akhiran –nya yang sifatnya netral digunakan untuk ‘his’ dan ‘her’ #BIPA
  15. Misal, ‘neneknya’ (his/her grandmother) atau ‘sepupunya’ (his/her cousin) #BIPA
  16. Kadang ada ketidakjelasan makna, dalam contoh “Bapak Ali…” #BIPA
  17. Apakah bermakna sebagai ‘title’ (Mr. Ali) atau ‘possessive’ (Ali’s father) #BIPA
  18. Hal ini biasanya dilihat dari penulisan, huruf kapital atau tidak #BIPA
  19. Untuk ‘title’ akan ditulis dengan huruf kapital. Misal, ‘Bapak Andrew’ (Mr. Andrew) #BIPA
  20. Kalau tidak, bapak akan bermakna ‘father’ dan ibu akan bermakna ‘mother’ #BIPA
  21. Karena ini konsep, pengajaran juga harus dasar dulu. Bagi orang Indo tentu tidak masalah. Bagi bule, bisa susah #BIPA
  22. Gambar-gambar dan slide bisa digunakan untuk membantu pemahaman #BIPA
  23. Saya menggunakan ‘family tree’ keluarga Weasley #BIPA (lihat gambar diatas)
  24. Bagi yang familiar dengan cerita Harry Potter, tentu ini menarik #BIPA
  25. Saya sendiri yang membaca semua buku dan menonton semua filmnya belum tahu jauh silsilah keluarga Weasley #BIPA
  26. Jadi semua bisa sama-sama belajar🙂 #BIPA
  27. Sekarang tinggal mengajak mahasiswa #BIPA praktek konsep keluarga ini
  28. Misal, “Apa hubungan Albus Severus dengan Ginny Weasly?” #BIPA
  29. Jawabannya, “Albus Severus (adalah) anak Ginny Weasly” #BIPA
  30. Atau, “Ginny Weasly (adalah) ibu Albus Severus” #BIPA
  31. Contoh lain, “Siapa Hugo?” #BIPA
  32. Jawabannya, “Hugo anak Ron dan Herminone” #BIPA
  33. Atau, “Hugo keponakan Harry dan Ginny” #BIPA
  34. Sekali lagi, bagi penutur Indo, ini pasti mudah. Tapi tidak dengan penutur asing #BIPA
  35. Banyak-banyak latihan adalah kuncinya, sama ketika belajar bahasa asing lainnya #BIPA
  36. Mahasiswa bisa bertanya hal-hal yang kritis dan baru. Pengajar harus selalu siap menjawab, tahu atau tidak #BIPA
  37. Seperti konsep ‘orang tua’ untuk ‘parents’ #BIPA
  38. Aktivitas berbeda lainnya bisa ditambahkan, misal, mahasiswa bercerita tentang keluarga mereka sendiri #BIPA
  39. Dalam bentuk lisan, percakapan, atau tulisan #BIPA
  40. Itu cerita #BIPA kali ini dari saya
  41. Menyenangkan kok mengajar #BIPA, coba saja!🙂

Tulisan ini saya buat dalam bentuk kultwit, dikicaukan juga di sini.

Sumber gambar

©mhsantosa (2013)
I am happy to share this. Please feel free to reblog or share the link, all with my accreditation. Thank you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: