‘Drummering’

Drumming DaysKata ini saya lihat pertama kali di sampul album ‘Master of the Rings’ dari grup band Helloween yang berasal dari Jerman. Saya termasuk mengikuti perkembangan band ini dari awal. Band ini bisa dikatakan sebagai salah satu pionir Power  Metal. Bersama band-band klasik, seperti Gamma Ray, Blind Guardian, Primal Fear, Freedom Call, Hammerfall sampai yang baru, seperti Masterplan, Edguy, Avantasia, Stormwarrior, Black Majesty dan lainnya (maaf terlalu banyak untuk disebutkan satu-persatu).  Kembali ke kata ‘drummering’ tadi, agak aneh memang, karena kata tersebut tidak akan ada di kosakata bahasa Inggris, bahkan yang paling lengkap sekalipun.

Kata ini digunakan sebagai ‘peran’ dari Uli Kusch, yang saat itu masuk menggantikan Ingo Schwichtenberg, salah satu formasi awal Helloween, yang meninggal sebelumnya. Ingo memutuskan untuk bunuh diri dengan melompat pada kereta api di statasiun kereta di Hamburg, Jerman karena depresi. Suatu hal yang sangat saya sayangkan, karena skill bermain drumnya menjadi kiblat banyak pemain drum Power Metal saat ini. Album ‘Master of the Rings’ sendiri merupakan ‘kebangkitan’ kalau saya bisa bilang demikian, setelah Helloween mengalami penurunan dan masalah dengan manajemen mereka. Dengan ‘darah baru’, Andi Deris (sebelumnya di Pink Cream 69) pada vokal dan Uli Kusch (sebelumnya di Gamma Ray) pada drum, Helloween menghentak kembali, setidaknya menurut pandangan saya.

Kata ‘drummering’ ini tiba-tiba saja datang setelah saya mendengar salah seorang tetangga bermain drum. Ia rupanya punya seperangkat drum (bukan elektronik) yang sering ia mainkan di kamarnya. Agak lama kali ini ia menggebuk drumnya, dengan variasi cepat yang sering. Saat saya menulis inipun, ia masih asik. Saya jadi teringat akan aktivitas saya sebelumnya. Karena kesukaan saya pada musik, saya berusaha memainkan alat musik, apapun. Awalnya saya mencoba gitar, namun saya sadari ternyata saya kurang berbakat haha, sayapun beralih ke drum. Meski tidak mahir, rasanya, saya bisa memainkannya.

Seperti kata ‘drummering’ ini, ‘aksi’ dari peran pemain drumlah yang lebih ditekankan. Dengan aksi, seorang pemain drum bisa melakukan aktivitas bermain drumnya. Dengan sering beraksi, kemampuan bermain drum dipercaya akan lebih baik. Ahh, rasanya kangen untuk menggebuk drum lagi. Akan memberi cukup keringat rasanya di udara yang dingin dan hujan ini🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: